Lokasi Baru NF Jakarta 1 : NF Sunter Jl. Danau Sunter Utara, Metro Sunter Blok B/16, NF Salemba Jl. Salemba I No.20 Telp. 3106534, NF Cipinang Jl. Cipinang Jaya No.33 Kel.Cipinang Muara Telp. 8501125

Photobucket

PROFIL WILAYAH JAKARTA 1 BIDANG OPERASIONAL
BIMBINGAN DAN KONSULTASI BELAJAR NURUL FIKRI

     Tanggal 25 Maret 2003, Bidang Operasional BKB. NURUL FIKRI yang dimotori oleh Manajer Operasional Drs. Yunas Windra, berdasarkan kebijakan Lembaga agar pengelolaan Operasional Lokasi dan Kepengajaran lebih fokus, efektif dan efisien terbagi menjadi 3 Wilayah. Masing-masing Wilayah tersebut adalah Wilayah 1 dengan Manajer Wilayah adalah Drs. Sudarsono,  Wilayah 2 dengan Manajer Wilayah adalah Drs. Syahril Wahab dan Wilayah 3 dengan Manajer Wilayah Drs. Hery Muljono. 

     Daerah kerja wilayah 3, meliputi outlet/lokasi NF yang berada di Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Sebagian Jakarta Timur dan Bekasi (Kabupaten maupun Kota), dengan keseluruhan jumlah outlet/lokasi sampai tahun 2009, berjumlah 19 outlet/lokasi.

     Agar rentang kendali pengelolaan dan pengawasan operasional lokasi dan kepengajaran lebih focus dan untuk pengembangan wilayah, maka wilayah 3 yang meliputi Jakarta Utara, Jakarta Pusat, sebagian Jakarta Timur dan Bekasi (Kabupaten dan Kota) dibelah menjadi 2 wilayah yakni wilayah Jakarta 1, dengan Manajer Wilayah Drs. Hery Muljono dan wilayah Jabar 2, dengan Manajer Wilayah Drs. Agus Santoso. 

     Wilayah Jakarta 1 atau lebih dikenal dengan nama “Jack One”, di semester 1 tahun pelajaran 2010/2011 ini membawahi 11 outlet/lokasi belajar NF. Tim Wilayah , terdiri dari Manajer Wilayah Drs. Hery Muljono. Berkiprah di NF sejak tanggal 1 Januari 1991, mengenyam pendidikan Sarjana Pendidikan Kimia IKIP JAKARTA (sekarang bernama Universitas Negeri Jakarta/UNJ). Untuk menambah wawasan manajerial, beliau sedang mengenyam pendidikan Magister Manajemen di salah satu Perguruan Tinggi terkenal di Jakarta. Assisten Manajer Wilayah Jakarta 1 adalah orang yang tidak asing sebagai pengajar Bimbingan dan Informasi Pendidikan (BIP) yang handal dan penuh humoris, yaitu Achmad Ichrom S.Sos. Mulai bergabung dengan NURUL FIKRI sejak 12 Maret tahun 2000 dan mulai semester 2 tahun pelajaran 2009/2010 , menjadi pengajar FullTime. Beliau adalah lulusan Universitas Pajajaran Jurusan Ilmu Komunikasi. Tiga orang staf wilayah yang tangguh dan memiliki knowledge, skill maupun attitude yang baik, yakni Alam Agustian Amd, bergabung di NF sejak 25 Agustus 2002 ditugaskan sebagai staf wilayah Urusan Administrasi Kesiswaan dan Pengajar, lulusan Teknik Industri (ekstensi) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI),Bandung, Aruli Munadiyyan, SE, bergabung di NF sejak 2003, lulusan salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta, ditugaskan sebagai Staf Wilayah Urusan Penjadwalan, yang telah menekuni jadwal lebih dari 6 tahun, dan Jamal Afrizal, bergabung di NF sejak Maret 2007, lulusan LPK Nurul Fikri, sebagai Staf Wilayah Urusan Penjadwalan mendampingi Aruli Munadiiyan, SE.

     Untuk letak Outlet-outlet atau lokasi-lokasi  NF Wilayah Jakarta 1 sangat strategis, mudah dijangkau oleh customer atau konsumen/siswa yang ingin menimba ilmu di Bimbingan dan Konsultasi Belajar NURUL FIKRI. Strategis di sini berarti, mudah dilalui oleh kendaraan umum, terletak di jalan utama, tidak jauh dari sekolah, dan perumahan ataupun pemukiman. Sebagai contoh NF Lampiri, yang terletak di Jalan Inspeksi KaliMalang, letaknya sangat strategis, terletak di jalan raya Kalimalang (menghubungkan Jakarta dan Bekasi), dilalui oleh beberapa kendaraan umum, seperti Metromini T54, Mikrolet M19, M26, tidak jauh   dengan sekolah-sekolah unggulan (Sekolah SSN,Sekolah SSN Plus/Unggulan/Percontohan, SBI) , seperti SMAN 81, SMAN 61, SMAN 71, SMAN 91, SMPN 252, SMPN 199, SDN 10 Pondok Kelapa, SDN 05 Pondok Kelapa, SDIT Al Manar, SDIT Al Iman, dan beberapa sekolah lainnya baik tingkat SD, SMP maupun SMA. Lokasi NF Lampiri ini juga dekat dengan perumahan, seperti Perumahan Kavling DKI, Perumahan BillyMoon, Perumahan Bintara Permai, Kompleks Koperasi, Perumahan DepKes, Perumahan Persada Golf, dan beberapa perumahan atau pemukiman lainnya. Di Lokasi NF Lampiri ini juga dilengkapi media pembelajaran, yakni TV LCD, ruang tunggu konsumennya berAC, memiliki tempat konsultasi siswa yang nyaman, halaman parkir cukup luas, dan fasilitas lainnya yang menunjang kegiatan belajar mengajar, dan dengan customer service officer yang professional di lokasi NF lampiri ini.

     Customer Service Officer (CSO, di NF biasa disebut sebagai staf lokasi) di outlet-outlet/lokasi-lokasi NF adalah salah satu ujung tombak terpenting bagi Bimbingan dan Konsultasi Belajar NURUL FIKRI dalam membangun kepuasan konsumen (siswa atau orang tua siswa). Melalui tangan CSO akan dapat memberikan persepsi yang positif kepada konsumen . 

     Oleh karena itu, Customer Service Officer , di wilayah Jakarta 1, wajib memiliki kualifikasi sebagai berikut :
  1. Memiliki attitude yang baik, memiliki sikap dan perilaku yang jujur, amanah, percaya diri, akrab, menarik,  menyenangkan, ramah,  dan santun. Sikap dan perilaku tersebut ditunjukkan oleh etos kerja yang tinggi, komitmen terhadap organisasi serta motivasi dan semangat kerja yang tinggi. Menjadikan bahwa bekerja merupakan ibadah yang mendapat ganjaran di sisi Allah Swt. Sebagai karyawan di Lembaga Pendidikan tidak selayaknya menjadi “poison employee”,  yang dapat merusak nilai-nilai organisasi.
  2. Memiliki Kompetensi baik, mampu melaksanakan job description sesuai dengan tugas yang menjadi tanggung jawabnya dan tidak melebihi batas kewenangannya sebagai customer servicer  officer. Menguasai product knowledge yang digulirkan oleh BKB. Nurul Fikri dan memiliki keterampilan (skill) bagus , baik komunikasi lisan maupun tulisan dan memiliki keterampilan komputerasi dengan baik, menguasai program-program di BKB. NURUL FIKRI. Rapih, cepat, tepat , cekatan, komunikatif dalam melayani konsumen.
  3. Berpakaian dan berpenampilan yang rapih dan bersih. Customer Service Officer harus mengenakan seragam yang sepadan dengan kombinasi yang menarik. Pakaian yang dikenakan harus memberikan kesan yang benar-benar menghargai profesinya sebagai customer service officer dan menghargai konsumen yang dilayaninya.

     Berikut adalah Lokasi dan Customer Service Officer yang bertugas di Lokasi Wilayah Jakarta 1, sebagai berikut : 
Lokasi/Outlet
Alamat/No. Telpon
CSO (Customer Service Officer) Yang Bertugas :
NF Rawamangun
Jl. Perserikatan No. 7-8 (Depan Terminal)
Telp. 021-47864783
Imam Syuhada, SS
Sri Rejeki
Dewi Puspasari, S. Pd
NF Kampung Melayu
Jl. Basuki Rahmat No. 18
Telp. 021-85900413
Muhammad Nur
Zaenal Arifin, Amd
Sari Maryani
NF Buaran
Jl. Buaran Raya III No. 2, Klender                   Telp. 021-8610209
Rahamat Abidin, SE
Rochmayani
Nendi Suhendar
NF Perumnas Klender
Jl. Delima Raya Blok 7 Malaka Sari                 Telp. 021-8611233, 021-86606538
Hamzah Tiranda, ST
Berlian Nur, S.Pdi
Arief Fathurrahman
NF KaliMalang
Jl. Inspeksi Saluran No. 31B/7 
Telp. 021-8500066
Gogot Prasetiyo
Neneng Uliah, Amd
NF Lampiri
Jl.Inspeksi KaliMalang Blok G No.8
Telp. 021-8648931/021-8648941
Maryanto, SST
Dian Chaerani
Ricky Endya Suryono, ST
NF Kemayoran
Jl. H.Ung Raya No.66E/4 Telp.021-4257955
M. Subchi
Lusiana Dani Putri
Akhmad Ramdani, S.Pd
NF Cempaka Putih
Jl. Cempaka Putih Tengah I No. A7,
Telp. 021-4206836
Rahmat Junianto, SE
Budi Prima Sentosa
Romlah
NF Kenari
Jl. Kenari II No.45 B Telp.021-31903280
Abdi Maulana
Sastra Dinata, SE
Nendi Wijanarko
NF RawaBadak
Jl. Melur No. 6A, Koja (belakang Polres Tanjung Priok) Telp. 021-43901362
Arif Fitriyanto, SST
Akhmad Fatah Rahadian
Henny Oktaviani, S.Kom
Uut Wiyansyah
NF Kramat Jaya
Ruko Kramat Jaya Permai A No. 9
Telp. 021-44832548
M. Malabby Poetra
Ria Anggraeni
Yuli Sunarto, Amd
    
     Sedangkan Operasional Kepengajaran di Wilayah Jakarta 1 didukung oleh lebih dari seratus pengajar yang kesemuanya berasal dari Perguruan Tinggi Negeri Favorit di Indonesia, dengan kualitas mengajar dan keilmuan di Bidang studi yang diajarkan  tak diragukan lagi. Mereka adalah pengajar  yang mampu dan bersedia melayani konsumen ataupun siswa, baik di dalam kelas atau di luar kelas (konsultasi belajar siswa), tanpa berhitung dari sisi waktu , tenaga dan ilmu yang mereka berikan.
Agar terbentuk soliditas tim antara customer service officer dan pengajar di Wilayah Jakarta 1, diadakanlah beberapa kegiatan, antara lain (hanya disebutkan beberapa hal saja) :
    1. Olah raga Futsal. Dengan berkoalisi dengan beberapa staf dan pengajar dari Jabar 2, tim futsal yang terbentuk, merupakan tim yang disegani lawan.Terbukti dengan Piala yang diperoleh. Mereka melakukan latihan rutin dan berkompetisi antar tim futsal di lingkungan Bimbingan dan Konsultasi Belajar NURUL FIKRI maupun tim futsal di luar BKB. NURUL FIKRI. Di akhir kegiatan olah raga futsal ini, sering kali diberikan “bonus” kegiatan bela diri (defensive) oleh “sabam” Taekwondo NF Jakarta 1, yang bermanfaat agar bila ada “kejadian”  dengan orang yang tak bertanggung jawab, dapat melakukan pembelaan/perlawanan diri.
    2. Olah raga Bulutangkis. Walaupun anggota yang bergabung di tim bulutangkis Jakarta 1 mengalami pasang surut , namun mereka masih melakukan latihan rutin, dalam rangka menjaga eksitensi, bahwa tim bulutangkis Wilayah Jakarta 1 tetap ada.
    3. Arisan dilakukan oleh customer service officer maupun oleh pengajar. Arisan yang diadakan oleh customer service officer pelaksanaannya selepas meeting wilayah. Hal ini dilakukan, agar ada variasi acara dalam meeting wilayah, sehingga diharapkan peserta meeting tidak mengalami kejenuhan. Sedangkan arisan yang  diadakan oleh pengajar  pelaksanaannya sebulan sekali, di awal bulan, dengan acara “rujakan” , untuk menambah keakraban antar mereka dan mengatasi kepenatan di luar waktu mengajar.
    4. Rihlah. Hampir setiap tahun, diadakan rihlah baik oleh customer service officer maupun pengajar. Kegiatan ini,  sebagai sarana refresing, agar di waktu bekerja timbul “energy baru”, untuk membangun Wilayah Jakarta 1 (khususnya) dan BKB. NURUL FIKRI secara umum.

         Demikianlah profil Wilayah Jakarta 1 atau lebih dikenal dengan nama “Jack One”. Dari gambaran tentang wilayah Jakarta 1 di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa eksitensi dan kemajuan suatu organisasi, dalam kaitannya wilayah, harus didukung oleh 3 faktor utama, yakni :
    1. Kompetensi karyawan
    2. Daya dukung teknologi
    3. Budaya, motivasi dan penghargaan
         Dari hal di atas, maka agar orientasi kinerja Wilayah Jakarta 1 terarah, terencana dan tertata dengan baik, maka visi, misi dan motto dari Wilayah Jakarta 1 adalah sebagai berikut:


    Visi : Menjadi Tulang Punggung Keberhasilan Dalam Pengembangan Lembaga BIMBINGAN DAN KONSULTASI BELAJAR  NURUL FIKRI
    Misi : Menjadi Wilayah Yang Terbaik dan Terdepan Dalam Kualitas 
    Pelayanan Konsumen.

    Moto : Do The Best , For The Best Of The Best
             (Melakukan Yang Terbaik, Untuk Yang Terbaik dari Yang Terbaik)



    Catatan :
    Visi adalah cita-cita atau keadaan organisasi yang diharapkan terwujud di masa depan
    Misi adalah alasan keberadaan suatu organisasi
    Nilai adalah prinsip-prinsip yang melandasi tindakan setiap orang dalam organisasi.

     (Sumber : Suwardi Luis,B.Psy.,MBA dan Dr.Ir Prima A. Biromo. 2009.  
    Step by Step in Cascading Balanced Scorecard/BSC.
    Jakarta :  Gramedia Pustaka Utama)